Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran - Penawaran akan muncul apabila ada suatu produk yang memiliki potensi yang baik untuk dijual kepada pihak lain yang membutuhkannya.

Dalam lingkup antarruang atau antarwilayah, maka keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki oleh masing-masing wilayah, antar provinsi misalnya, akan menciptakan peluang yang besar timbulnya interaksi antarruang dari segi perdagangan, baik itu dalam permintaan maupun dalam penawaran.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran

Wilayah yang memiliki suatu sumber daya tertentu akan menawarkan sumber daya alam tersebut pada wilayah lain terutama wilayah yang minim atau tidak punya sumber daya alam yang serupa. Suatu wilayah akan menawarkan produk dan jasa yang didukung antara lain oleh keunggulan alam dan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki.

Wilayah Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam ini tidak harus berbentuk benda kekayaan alam bentuk lain termasuk keindahan alam itu sendiri.

Indonesia memiliki berbagai wilayah yang indah dengan keunikan pesona alam yang memiliki ciri tersendiri. Pesona alam yang indah ini dapat pula menjadi keunggulan suatu wilayah yang dapat ditawarkan kepada wilayah lainnya.

Pulau Lombok dan Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat terkenal dengan keindahan pantainya dan jargon wisata halalnya yang sudah terkenal diseluruh nusantara dan manca negara merupakan produk andalan yang menjadi sumber pendapatan daerah.

Tempat lain yang terkenal di Indonesia dengan pesona alamnya adalah Papua dengan Raja Ampatnya, Bali yang sudah diakui di seluruh dunia dengan keindahannya, dan Sulawesi Utara memiliki ruang laut yang sangat indah. Dan masih banyak tempat di negara Indonesia yang memiliki keindahan alam dan keunikan alam tersendiri.

Baca kembali Keunggulan Pariwisata Indonesia.

Selain pesona alam, keunggulan lain yang dapat ditawarkan adalah peluang dari sisi ekonomi. Daerah dengan pertumbuhan industri dan perdagangan yang sangat pesat menjadi daya tarik yang sangat besar untuk mencari peluang kerja di tempat tersebut, begitu pula dengan daerah yang dijadikan sebagai pusat pemerintahan. Seperti misalnya, Ibu Kota negara, Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Ruang atau lokasi wilayah berpengaruh pada kemampuan suatu wilayah menghasilkan produk. Kenapa demikian? Karena karekter dan mata pencaharian penduduk itu dipemgaruhi oleh beberapa faktor termasuk faktor demografi tempat tinggal.

Ini bisa kita lihat pada penduduk yang bertempat tinggal di wilayah pantai akan lebih cenderung mempunyai keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti ikan laut dibandingkan dengan wilayah lain, seperti penduduk di daerah pegunungan. 

Demikian pula, penduduk di daerah pegunungan kemungkinan besar mempunyai keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti sayur-sayuran segar. Ketimpangan antara kedua tempat ini (maksudnya keunggulan dan keterbatasan ruang ini) yang mendorong terjadinya interaksi dalam perdagangan.

Setiap penjual - dalam hal ini daerah (ruang) – dalam transaksi jual beli selalu menginginkan laba setinggi mungkin dari penjualan barangnya. Semakin besar kemampuan memproduksi dan ketersediaan barang yang dimilikinya untuk ditawarkan (dijual) maka semakin besar pula laba atau keuntungan yang diperoleh, hal ini akan berimbas pada peningkatan pendapat daerah.

Perlu diketahui, penawaran akan terjadi jika ada tiga unsur berikut ini.

1. keinginan penjual untuk menjual barang.
2. kesediaan penjual untuk menjual barang dagangannya pada tingkat harga dan waktu tertentu.
3. Kemampuan penjual dalam menawarkan barang dagangannya.

Itulah sebabnya penawaran diartikan sebagai keinginan, kesediaan, dan kemampuan dalam menjual sejumlah barang atau jasa pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu.

Silahkan baca Pengertian dan Hukum Penawaran

Kesimpulan

Dari materi kunggulan dan keterbatassan antarruang dalam penawaran yang kita bahas ini, maka dapat kita simpulkan sebagai berikut.

Penawaran terjadi jika produk yang dihasilkan dibutuhkan oleh daerah lain. Ada keinginan dan kemampuan untuk menjual produknya tersebut dalam meningkatkan pendapatan, serta interaksi antarruang akan tercipta didorong oleh adanya keunggulan yang dimiliki oleh setiap daerah atau setiap ruang.
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran. Please share...!

0 Comment for "Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran"

Back To Top