Cara dan Strategi Membaca Aktif

Di dalam cara membaca aktif ada beberapa strategi umum yang diperlukan untuk membaca dan memahami literatur atau bacaan yang sedang ada dihadapan anak didik. 

Cara dan Strategi Membaca Aktif
Bagaimana, kemudian, kita bisa mempromosikan membaca aktif di kalangan siswa kita? Saran berikut akan membantu siswa untuk berpikir kritis dan membuat mereka untuk lebih memahami teks. Saran ini intinya ditujukan untuk membaca informasional literatur dan fiksi. Standar ini direkomendasikan untuk pelajar kelas 6 dan juga masih bisa digunakan pada level kelas-kelas yang lainnya juga. Silahkan disimak! 

(1) Sorot Teks. Strategi ini bukan sesuatu yang baru, dan kebanyakan orang mengingat untuk menyoroti (buku teks) di beberapa titik dalam karir pendidikan mereka. Standby lama ini masih efektif, karena menyoroti (menandai) poin penting membantu siswa lebih memahami apa yang mereka baca. Dengan cara ini, siswa dapat "menentukan ide sentral dari tulisan dan bagaimana hal itu disampaikan melalui rincian tertentu". Dengan menyoroti selama atau setelah membaca, anak dapat mengidentifikasi rincian kunci dan kemudian menyimpulkan gagasan utama, tema, dll
(2) Ajukan pertanyaan sebelum, selama dan setelah membaca Membimbing siswa didalam memberikan pertanyaan sebelum mereka membaca membantu mereka untuk fokus pada bagian atau bab yang akan datang , sementara mengajukan pertanyaan selama membaca memungkinkan siswa untuk memantau pemahaman mereka sendiri. Pertanyaan ini mungkin dimulai dengan frase seperti "Aku ingin tahu. . . "Atau" Mengapa karakter. . . "Atau" Bagaimana. . . "Mengajukan pertanyaan setelah membaca mencerminkan siswa tetap pada alur, dan kadang-kadang ini berarti bahwa pembaca harus kembali ke teks (dan membaca ulang bagian-bagian) untuk mencari jawaban atau untuk menemukan bukti yang mendukung membuat kesimpulan. Mengajukan pertanyaan mengharuskan siswa untuk "menganalisis bagaimana kalimat, paragraf, [dll]. . . cocok dengan struktur teks secara keseluruhan.
(3) Buat heading dan judul untuk bacaan nonfiksi, guru mungkin ingin menghapus judul artikel dan sub judul dan meminta siswa untuk membuatnya sendiri. Hal ini akan memaksa pembaca untuk mengidentifikasi tema penting dan mensintesis informasi dalam rangka menciptakan judul dan sub judul yang sesuai. Selain itu, mahasiswa harus menentukan pentingnya, strategi membaca lain yang cocok untuk pemahaman dan membaca aktif.
(4) Membuat catatan pada bagian-bagian penting dari teks yang dibaca sehingga mendapatkan pemahaman dan menemukan bahwa strategi ini membuahkan hasil positif. Catatan penting ini diisi dengan istilah kunci, rumusan-rumusan dan lainnya, dan pada akhirnya catatan tersebut harus dibaca siswa, direnungkan dan dilatih sehingga tidak pasif pada satu aktivitas saja. Hal ini menjadikan siswa lebih memahami materi pada teks yang dibaca. Meminta siswa untuk membuat catatan dapat mengubah bacaan mereka di bidang konten menjadi pengalaman yang lebih aktif.
Labels: Metode Pembelajaran

Thanks for reading Cara dan Strategi Membaca Aktif. Please share...!

0 Comment for "Cara dan Strategi Membaca Aktif"

Back To Top