Kondisi Penduduk Indonesia

Suku Bangsa --------> Penduduk Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan keturunan. secara etimologis (bahasa dan dialek penduduk), sebagian besar suku bangsa di Indonesia berasal dari keturunan rumpun bangsa Mongoloid, yang umumnya tersebar di wilayah Indonesia bagian barat, seperti Sumatera, Jawa, Madura, Bali termasuk juga Kalimantan, Sulawesi dan Lombok. sementara yang sebagian lagi adalah suku Melanesia seperti Papua/Irian, Pulau Aru, Pulau Kai dan Negroid seperti orang Semang di semenanjung Malaka dan orang Mikopsi di Kepulauan Andaman. Dua dari rumpun bangsa yang terakhir, umumnya tinggal di wilayah Indonesia bagian timur.

 
Tercatat tidak kurang dari 250 suku bangsa di Indonesia yang dapat diidentifikasikan. Suku bangsa yang terbesar yaitu suku Jawa (45 % jumlah penduduk Indonesia), Sunda (14 % jumlah penduduk Indonesia), Madura (8 % jumlah penduduk Indonesia), dan Batak (7 % jumlah penduduk Indonesia).

Beragamnya suku bangsa di Indonesia menyebabkan beragamnya pula budaya penduduk di Indonesia. Hasil-hasil atau peninggalan budaya dari suku-suku bangsa tersebut yang terkenal adalah candi, pakaian tradisional, upacara adat, tarian, wayang, dan kesusasraan.

Bahasa dan Agama-------> Sebagaimana beragamnya suku bangsa yang terdapat di Indonesia beragam pula bahasa dan dialek penduduk Indonesia.  Ada sekitar 300 bahasa daerah dengan dialek dan jenis aksaranya masing-masing. Dan bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan bahasa persatuan. Bahasa Indonesia masuk kedalam rumpun bahasa Melayu.

Kepercayaan asli nenek moyang Indonesia adalah kepercayaan animisme dan kepercayaan dinamisme. Kemudian selanjutnya tergantikan dengan agama-agama yang lainnya. Agama yang paling banyak dianut  oleh penduduk Indonesia adalah agama Islam, lebih dari 85 % penduduk Indonesia menganut agama Islam, lalu diikuti  oleh agama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Jumlah dan Persebaran Penduduk---------> Jumlah pendudk Indonesia berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 adalah sebesar 237.556.363 jiwa. Rinciannya penduduk laki-laki sebesar 119.507.580 jiwa dan penduduk perempuan sebesar 118.048.783 jiwa. Data tersebut dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Laju pertumbuhan penduduk Indonesia adalah 1, 49 persen pertahun menurut data pertumbuhan penduduk Indonesia yang dikeluarkan oleh Bank Dunia. Indonesia merupakan negara urutan ke 4 negara-negara dengan jumlah penduduk terbesar. Negara-negara yang memiliki pendudk terbesar adalah Cina, India, Amerika Serikat, Indonesia dan Jepang.

Persebaran penduduk di Indonesia belum merata. Sekitar 60 % penduduk di Indonesia terpusat di Pulau Jawa. yang 40 % tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Hal ini termasuk merupakan masalah kependudukan bagi Indonesia.

Kegiatan Ekonomi Penduduk--------> kegiatan atau aktivitas ekonomi penduduk indonesia dibedakan menjadi dua macam yakni 1) Kegiatan ekonomi agraris adalah kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan kekayaan alam atau faktor-faktor alam. seperti pertanian, perkebunan, perikanan, perternakan dan kehutanan. umumnya kegiatan ekonomi agraris dilkukan oleh penduduk-penduduk yang ada di pedesaan. 2) Kegiatan ekonomi non agraris. seperti industri, pertambangan, perdagangan, dan jasa. kegiatan ekonomi non agraris umunya dilakukan oleh penduduk yang tinggal di perkotaan.

Berdasarkan ini maksudnya berdasarkan perbandingan jumlah penduduk yang tinggal di pedesaan dengan perkotaan, maka mata pencaharian penduduk Indonesia yang terbesar adalah agraris atau pertanian.
Labels: geografi

Thanks for reading Kondisi Penduduk Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Kondisi Penduduk Indonesia"

Back To Top