Home » » Langkah-Langkah Penting Meraih Prestasi

Langkah-Langkah Penting Meraih Prestasi

Langkah-Langkah Penting Meraih Prestasi

Langkah-Langkah Penting untuk Meraih Prestasi


Walaupun prestasi identik dengan reward (penghargaan) macam-macam, tetapi sebenarnya bahwa prestasi itu tidak hanya diukur dengan banyak piala yang kamu raih, bukan piagam dan bukan pula bentuk penghargaan yang lainnya. Prestasi tidak pula dilihat dari pencapain materi. Tapi yang paling penting, prestasi itu adalah apa yang bisa kamu lakukan atau perbuat yang mendatangkan manfaat atau faedah bagi dirimu, keluargamu dan orang lain. Pastinya, kamu bisa berprestasi dengan apa yang kamu punya dan apa yang kamu mampu. Untuk itu, mari perhatikan langkah-langkah penting meraih prestasi tersebut.

1. TUJUAN KAMU JELAS


Ini pasti dong! Kamu mengaku sebagai pemudi muslim? Of course! Nah, tentu saja tujuan kamu kudu selaras dengan komitmen sebagai seorang muslim. Ringkasnya ada di QS. Adz-Dzariat: 56. “Tidaklah aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” Jelaskan? Jadi segala sesuatu yang kita lakukan tak lain dalam rangka mengabdi pada Allah. Dalam kerangka ini tentu saja tak lepas dari niat dan pelaksanaan. Niat yang ikhlas dan pelaksanaan sesuai syariat. Kamu ingin cerdas, sok belajar yang bener. Cerdaslah luar dalam, sebab banyak orang yang cerdas tapi keblinger. Kamu ingin jadi penulis fiksi karena gemes dengan karya-karya picisan yang tak mencerdaskan, sok menulis yang oke. Mau..

2. JANGAN KEBANYAKAN MIKIR


Bukan berarti gak berfikir. Tapi, kamu perlu secepatnya memulai. Hari ini juga, detik ini, do it now! Banyak sekali perubahan yang harus dilakukan, buat diri sendiri, orang lan, masyarakat dan seterusnya. So, if you think something needs to be changed - do something to make that change. You don’t have time? Make time! Kamu hanya butuh langka pertama. Ingin jadi penulis? Ayo mulai, walau hanya satu paragraf. Ingin pintar, ya belajar. Ingin punya uang saku sendiri? Sok atuh, cari peluang. Ingin menjahit, memasak, menyapu, mencuci piring (lho?). lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan, yang positif tentunya.

3. CARI TELADAN


Nabi dan Rasul tentu saja teladan terbaik sepanjang masa. Namun sering kali kita butuh seseorang yang berada di hadapan kita langsung, yang dapat kita tiru. Open your eyes and open your heart (cieee..) ada banyak pelajran yang bisa didapat dari orang lain. Ada banyak rahasia sukses yang tersimpan. Nah, dalam meneladani orang yang harus diperhatikan adalah bagaiman akeperibadiannya, prinsif hidup, lingkungan tempat hidupnya, dan jalan hidup yang dilaluinya. Janganlah meniru habis-habisan, tetaplah menjadi diri sendiri alias never to walk in anyone shadow. Karena kamu berbeda dengan orang lain, kamu memilik kekhasan sendiri.

4. KERJA KERASLAH


Tidak ada prestasi tanpa ketekunan, keuletan dan kesungguhan. Prestasi luar biasa berasal dari komitmen yang juga luar biasa. Belajarlah pada semut yang sedang bekerja, halangi jalannya dengan kakimu. Semut akan berusaha melewati bawah kita kita, berusaha menyeberangi kaki, dan berusaha melewatinya. Berapa lama dia mencoba? Sampai mati! So, berusahalah sampai ajal menjemput. Ingat ‘kan dengan hadis, kalaupun kita tahu besok hari kiamat dan ditangan kita ada benih, maka tetap di suruh untuk menanam. Atau kisah sahabat Rasul yang demi misi ke sebuah negeri, mempelajari bahasa negeri itu. Lepas dari kecerdasan sahabat tersebut yang nampaknya di atas rata-rata, tanpa keuletan rasanya tak mungkin beliau bisa cepat menguasai bahasa tersebut.

5. TERAKHIR, LANDASAN IMAN 


Adalah jiwa yang suci. Landasan keikhlasan adalah hati yang jernih. Landasan tekad adalah semangat yang membara. Landasan usaha adalah kemauan yang keras, dan landasan pengorbanan adalah akidah yang kokoh. (Sumber: Majalah Annida).

Kesimpulan

Semua manusia masing-masing diberi potensi yang ada pada dirinya, tinggal bagaimana masing-masing orang mengenal, menggali dan mengembangkan potensi tersebut. Tidak berlebihanlah dengan potensi yang dimiliki tersebut maka setiap orang tentu saja mampu meraih prestasi, asal ada tekad yang kuat untuk berprestasi.

Setelah kalian membaca Langkah-Langkah Penting Meraih Prestasi di atas, tentunya kamu pasti termotivasi untuk segera mengeksplore diri kalian, bukan? Ok, kalau gitu tunggu apa lagi...!
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 3/28/2016

0 komentar:

Post a Comment