Home » , » Negara-Negara Pertama Yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Negara-Negara Pertama Yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Negara-Negara Pertama Yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas negara-negara mana saja yang pertama kali memberikan respon dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana yang saya bahas kemarin pada artikel yang bertitle Penyebaran Berita proklamasi Kemerdekaan Indonesia, bahwa penyebarluasan berita proklamai kemerdekaan itu sangat penting dilakukan guna mendapat pengakuan dari bangsa sendiri (Indonesia) dan mendapat pengakuan dunia internasional. Kita sudah tahu bahwa segenap lapisan bangsa Indonesia menerima berita ini dengan antusias dan penuh suka cita, sehingga membangkitkan dan memperbesar semangat revolusi yang membara bagi bangsa Indonesia, hal ini tercermin dari slogan-slogan atau yel-yel yang mereka tulis dan teriakan bila saling berjumpa. Nah, dengan pemaparan ini kita akan coba menguak negara-negara mana saja yang pertama kali merespon/memberi pengakuan bagi kedaulatan negara Indonesia.

Saya juga sudah menyebutkan pada artikel sebelumnya, bahwa sebuah negara akan mendapatkan pengakuan sebagai negara berdaulat atau merdeka secara penuh, apabila negara itu mampu memenuhi 4 syarat berikut ini, yaitu : 

1. Memiliki wilayah
2. Memiliki rakyat (artinya semua rakyat mendukung)
3. Berdaulat dan memiliki lembaga-lembaga negara (yudikatif, legislatif, eksekutif, dan lain-lain)
4. Mendapatkan pengakuan dari negara lain baik secara de facto (nyata) maupun de jure (hukum). 

Tetapi penting saya sampaikan di sini, bahwa terdapat berbagai analisis dari bukti-bukti sejarah yang berbeda yang menyebutkan tentang siapa negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Perbedaan-perbedaan ini terkuak belakangan ini. Perbedaan ini kemungkinan ditinjau dari keadaan dan pergolakan dunia pada saat itu yang baru saja dilanda Perang Dunia II dan masih bercokolnya kolonialisme dan imperialisme di beberapa negara, khususnya di benua Asia dan Afrika. Jadi apa yang akan saya bahas ini tidak perlu dipermasalahkan apabila saya menempatkan suatu negara pada posisi pertama sedangkan pendapat anda lain. Tidak perlu menjadi permasalahan juga, mengingat negara-negara yang akan saya sebutkan ini adalah negara-negara yang disebut-sebut sebagai negara pertama yang memberikan pengakuan kepada kemerdekaan Indonesia. 

Sudah waktunya kita masuk pada pembahasan intinya. Menurut saya negara yang pertama-tama menyatakan indonesia sebagai negara merdeka adalah Mesir. Kenapa saya memilih Mesir sebagai negara yang pertama? Ini hanya didasarkan bahwa saya mengetahui ini sejak masih duduk di bangku kelas 6 SD waktu belajar sejarah, dan menurut saya belum ada pembuktian yang kuat untuk menggeser kedudukannya dari hati, eh... dari yang pertama. Hehe... 

Negara Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946. Kemudian pada tanggal 10 Juni 1947, Mesir mengakui kedaulatan negara RI secara de jure. Hal ini ditandai dengan ditanda-tanganinya secara resmi perjanjian persahabatan antara Indonesia dan Mesir. Kemudian berhubungan dengan perjanjian persahabatan tersebut, pemerintah NKRI mendirikan Kedutaan RI pertama di luar negeri. Kemudian secara berturut-turut negara-negara di Timur tengah atau Liga Arab memberikan dukungan dan pengakuan secara de jure terhadap kemerdekaan Negara Indonesia. Kenyataan ini seperti yang diungkapkan oleh A.H. Nasution berikut ini : 

"Karena itu tertjatatlah, bahwa negara-2 Arab jang paling dahulu mengakui RI dan paling dahulu mengirim misi diplomatiknja ke Jogja dan jang paling dahulu memberi bantuan biaja bagi diplomat-2 Indonesia di luar negeri. Mesir, Siria, Irak, Saudi Arabia, Jemen,memelopori pengakuan de jure RI bersama Afghanistan dan Iran Turki mendukung RI. Fakta-2 ini merupakan hasil perdjuangan diplomat-2 revolusi kita. Dan simpati terhadap RI jang tetap luas di negara-2 Timur Tengah merupakan modal perdjuangan kita seterusnja, jang harus terus dibina untuk perdjuangan jang ditentukan oleh UUD '45 : "ikut melaksanakan ketertiban dunia jang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial". 

Sementara itu negara Palestina justeru secara de facto mengakui RI sebagai negara yang merdeka setahun sebelum kemerdekaan RI yang sebenarnya, yaitu tepatnya pada tanggal 6 September 1944. Pengakuan tersebut disebarluaskan ke seluruh dunia Islam oleh seorang mufti besar Palestina Syekh Muhammad Amin Al-Husaini. Pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia ini bertepatan dengan janji-janji yang dikeluarkan oleh Jenderal Kuniaki Koiso (P. M. Jepang) terhadap kemerdekaan negara indonesia. 

Ada juga yang memiliki pendapat bahwa negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia baik secara de facto maupun de jure adalah Vatican, negerinya Paus. Kalau untuk kawasan Eropa mungkin saja betul negara ini yang pertama (Maaf saya belum punya sumber untuk ini) tetapi kalau untuk yang pertama di dunia, cukup sudah pernyataan dari pelaku sejarah di atas yakni A.H. Nasution untuk membantahnya. 

Sedangkan gembongnya kolonialisme di Indonesia yakni Belanda, baru secara resmi mengakui kemerdekaan negara RI pada tanggal 16 Agustus 2005. Eh ngotot banget si Londo pingin tetap menguasai Indonesia. Di kira sama apa keadaan Indonesia yang dulu dengan yang sekarang !!! (Dari berbagai sumber)
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 1/07/2015

14 komentar:

  1. Terimaksih. Tulisan yg baik. Jangan sampai kita melupakan sejarah Bangsa kita.

    ReplyDelete
  2. sepengetahuan saya pertama kali itu India dengan diplomasi berasnya bung hatta hehehe.. maaf kalo salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. India juga bisa dikatakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan negara RI. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. apa alasan nya india mengakui kedaulatan indonesia?

      Delete
    3. India pertama mengakui, mesir, vatikan

      Delete
  3. Mantap.... Makasih info nya��

    ReplyDelete
  4. Subhanalloh....Ternyata Negara Palestina yg sekarang sedang Konflik dengan Israel telah mengakui Indonesia Merdeka pertama....

    ReplyDelete
  5. mohon ijin sertakan data "dari berbagai sumber" karena saya ingin mengutip mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maaf sekali mas, saya tidak bisa menyebutkannya karena beberapa informasi penting tulisan di atas saya ambil dari rangkuman2 bahan mengajar (tidak ingat bukunya), ada juga saya ambil dari buku PR IPS kelas VIII semester 2 (Intan Pariwara).

      Terima kasih atas hadirnya dan maaf baru balas sekarang.

      Delete
  6. "BELANDA baru mengakui kemerdekaan Indonesia thn 2005" ...... hoaxx !!! Jauh sebelom thn 2005 Belanda sdh mengakui kemerdekaan Indonesia, hanya saja yg jadi issue adalah perbedaan tanggal kemerdekaannya, awalnya Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia adalah tgl 27 Des 1949 yakni pd saat setelah penandatanganan perjanjian meja bundar. Namun setelah berbagai upaya diplomasi RI, akhirnya di thn 2005 Belanda mau mengakui tanggalnya adalah 17 Agustus 1945.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, tentu saja Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada saat mereka melimpahkan kekuasaan pada tgl 27 Des 1949, kalau tidak bagaimana mungkin mereka hengkang dari tanah air. Tapi bagi kita kemerdekaan RI itu tanggal 17 Agustus 1945. Dan itu sangat penting bagi sejarah perjuangan bangsa ini. Mereka Belanda baru resmi secara defacto dan dejure mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2005.

      Delete