Tata cara Penyelenggaraan Kliring Part 2

Tata cara Penyelenggaraan Kliring Part 2
Mungkin ada pembaca yang bertanya-tanya tentang judul artikel kita kali ini, kenapa kok ada part 2-nya. Ketahuilah para sahabat pembaca sekalian, bahwa judul tersebut tidak ada kaitannya dengan tata cara penyeleggaraan kliring itu sendiri ada berapa, tapi kata part 2 itu hanya menunjukkan bahwa topik kita kali ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang masih belum terselesaikan. Dan pada pembahasan kali ini Insya Allah akan kita tuntaskan. Karena itu saya mengharapkan bagi pengunjung yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan baca artikel yang berjudul Tata Cara Penyelenggaraan Kliring agar nyambung dengan topik sekarang ini yang ada di hadapan anda. Baik mari kita lanjutkan saja pembahasannya.

4. Kliring Retur 

Semua warkat yang dikembalikan (diretur), disortir kemudian dibagi menurut kelompok masing-masing peserta. Warkat-warkat ini kemudian dicatat dalam daftar kliring retur dengan diperinci menurut nilai nominalnya kemudian jumlahkan warkat-warkat dan nilai nominalnya. Setelah ditanda tangani wakil peserta, daftar kliring retur beserta warkat-warkatnya diserahkan kepada wakil. Bila terdapat perbedaan pendapat antara wakil-wakil kliring tentang dapat tidaknya suatu warkat kliring ditolak, maka keputusan terakhir diserahkan kepada penyelenggara. Dari hasil serah terima warkat dalam kliring retur yang saldonya merupakan pelengkap dari saldo neraca kliring penyerahan.

5. Bilyet Saldo

Berdasarkan neraca kliring penyerahan dan neraca kliring retur dibuat bilyet saldo kliring yang memuat hasil akhir kliring dari call money. Oleh penyelenggara dibuatkan neraca gabungan yang merupakan konpilasi dari neraca masing-masing peserta. Kliring dinyatakan selesai apabila neraca kliring gabungan telah seimbang dan hasil kliring masing-masing peserta telah dapat diselesaikan.

6. Dihentikan dari kliring

Apabila jumlah kewajiban dari suatu peserta melampaui jumlah dana (saldo) dan jaminan kliring yang tersedia pada penyelenggara, maka pelampauan itu disebut saldo negatif. Peserta yang bersangkutan diberi kesempatan untuk menyelesaikan saldo negatif itu dalam 30 menit setelah pertemuan kliring retur ditutup. Jika sampai batas waktu tadi tidak dapat diselesaikan juga maka atas persetujuan Bank Indonesia tersebut penyelenggara dapat memperpanjang batas waktu termaksud sampai hari kliring berikutnya sebelum kas dari kantor penyelenggara dibuka dan jika saldo negatif tidak dapat diselesaikan juga maka terhadap peserta itu dikenakan penghentian sementara dari pengikutsertaannya dalam kliring.

7. Pengunduran diri dari kliring

Peserta dapa mengajukan permohonan pengunduran diri dari kliring jika mengalami hal-hal sebagai berikut :
  • Mengalami kesulitan keuangan yang mengakibatkan tidak terpenuhinya syarat-syarat untuk diikutsertakan lebih lanjut dalam kliring.
  • Kepengurusan peserta yang bersangkutan tidak menunjukkan keadaan semestinya : seperti perselisihan dalam kepengurusan.
Demikianlah tentang tata cara penyelenggaraan kliring (yang kita bagi menjadi 2 bagian), yang dilakukan oleh penyelenggara kliring dalam hal ini Bank Indonesia atau Badan lain yang ditunjuk oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara. Perlu saya ingatkan di sini, kliring dilakukan gunanya untuk memperluas dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral.

(Sumber Kutipan : Kelembagaan Perbankan, Penulis Drs. Thomas Suyatno, Dkk. Edisi Kedua, Penerbit kerja sama STIE Perbanas dan Gramedia Pustaka Utama, Jakarta)  

Tata Cara Penyelenggaraan Kliring

Tata Cara Penyelenggaraan Kliring. Bank Indonesia selaku penyelenggara kliring, memiliki tata cara dan aturan-aturan yang telah baku dalam mengkoordinir bank-bank peserta kliring yang dilakukan pada setiap wilayah kliring. Bank-bank peserta baik itu dari Bank-bank Umum maupun Bank-bank pembangunan harus mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan tersebut. Karena bank yang tidak patuh bisa saja dihentikan dari keikut sertaannya dalam kliring. Baiknya sekarang mari kita langsung saja masuk kepada pembahasannya. Oh ya, anda juga bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul : Cara Mudah Memahami Kliring Antarbank.

Tata cara penyelenggaraan kliring sudah diatur secara baku oleh Bank Indonesia selaku penyelenggara

Tata cara penyelenggaraan kliring

Pertemuan kliring lokal dilakukan dalam dua tahap yaitu : 

a. Pertemuan kliring penyerahan, dan
b. Kliring retur 

Sebelum pertemuan kliring diadakan harus lebih dahulu dipersiapkan hal-hal sebagai berikut : 

1. Cap Kliring 

a. Semua warkat harus dicap terlebih dahulu dengan cap yang memuat sebutan kliring dan dicantumkan nomor kode kelompok peserta yang bersangkutan. 

b. Cap kliring harus disetujui oleh penyelenggara dan di muka para peserta lain. Demikian pula bila ada perubahan atau penggantian Cap Kliring. 

c. Cap kliring pada warkat debet maupun kredit merupakan bukti atau tanda pengenal dari peserta. 

d. Cap kliring pada bilyet giro yang tidak ditolak berarti peserta yang membubuhi cap tadi telah menerima sejumlah dana yang tercantum dalam bilyet giro tersebut. 

e. Jika dalam satu warkat terdapat lebih dari satu cap kliring maka cap kliring terdahulu harus dibatalkan dengan cap kliring pembatalan yang ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang dari peserta yang bersangkutan. 

2. Kliring Penyerahan 

a. Untuk memperlancar penyelenggaraan kliring, peserta dibagi atas beberapa kelonpok. 

b. Sebelum kliring dimulai warkat-warkat dipisahkan menurut kelompok yang bersangkutan. Warkat debet dan warkat kredit diperinci nilai nominalnya dalam daftar kliring tersendiri. Nilai nominal dan banyaknya warkat dalam daftar kliring dijumlahkan. 

c. Serah terima warkat kliring yang telah ditanda tangani oleh wakil peserta kliring berlangsung antara yang menyerahkan dan yang menerima warkat setelah menandatangani daftar kliring sebagai bukti penerimaan.

d. Apabila terjadi perbedaan pendapat antara dua peserta mengenai dapat tidaknya warkat diperhitungkan dalam kliring, maka keputusan terakhir diserahkan kepada penyelenggara. 

e. Dari hasil penyerahan dan penerimaan warkat masing-masing wakil peserta disusun neraca penyerahan yang ditanda tangani dan dibubuhi nama jelas. Neraca kliring ini harus dilengkapi dengan rekapitualasi penyerahan dan penerimaan baik untuk warkat-warkat debet maupun kredit. 

f. Peserta dilarang menerima setoran untuk langsung dikliringkan di kantor penyelenggara. 

3. Penolakan Warkat

a. Warkat dapat diterima oleh masing-masing peserta apabila warkat tersebut memenuhi syarat dan dananya cukup tersedia.

b. Semua warkat debet yang ditolak karena tidak memenuhi persyaratan butir a di atas dikembalikan pada peserta yang mengajukan pada waktu kliring retur. Pengembalian warkat kredit dilakukan melalui kliring penyerahan setelah diketahui adanya kesalahan.

c. Pengembalian warkat disertai dengan Surat Keterangan Penokan (SKP) yang ditanda tangani dan diberi nama jelas dari peserta penerima. SKP tersebut berisi alasan-alasan penolakan warkat, sesuai ketentuan-ketentuan tentang cek dan bilyet giro kosong.

Cara penyampaian warkat :

1) Warkat asli diserahkan kepada peserta yang mengklirngkan,
2) Tembusan pada penyetor,
3) Tembusan pada penyelenggara.
4. Warkat yang ditolak dan diduga ada kriterianya dengan kejahatan, harus ditahan. Kemudian dibuat surat keterangan pemalsuan dan dilaporkan pada polisi.

Sampai sekian dulu pembahasan kita tentang Tata cara penyelenggaraan kliring ini, Insya Allah lain waktu kita lanjutkan tata cara penyelenggaraan berikutnya dalam bagian kedua. Terima kasih anda telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

(Sumber Kutipan : Kelembagaan Perbankan, Penulis Drs. Thomas Suyatno, Dkk. Edisi Kedua, Penerbit kerja sama STIE Perbanas dan Gramedia Pustaka Utama, Jakarta) 

Cara Mudah Memahami Kliring Antarbank

kliring antarbank, anda tahu artinya anda mudah memahaminya
Pernahkah kamu mendengar kata kliring bank? Yup.., mungkin saja kalimat ini sudah begitu akrab di telinga banyak orang. Tapi tentu saja kita perlu memposting sarana perhintungan warkat bank ini, terutama ditujukan kepada para pembaca yang datang untuk mencari bahan dalam tugasnya, seperti makalah dan sebagainya. Berkaitan dengan kliring yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia ini,  clearing ditujukan kepada semua bank, baik Bank Umum maupun Bank Indonesia  yang berada dalam satu wilayah. Supaya kita dapat lebih mudah memahami tentang kliring antarbank ini, ada baiknya kita mulai membahas dari pengertian kliring itu sendiri.

Pengertian Kliring


Kliring ialah sarana perhitungan warkat antara bank-bank di suatu wilayah kliring yang disebut "kliring lokal". Yang dimaksud dengan wilayah kliring adalah suatu lingkungan tertentu yang memungkinkan kantor-kantor tersebut memperhitungkan warkat-warkatnya dalam jadwal kliring yang telah ditentukan.

Pengertian di atas tersebut memberikan pemahaman kepada kita bahwa kliring diikuti oleh bank-bank yang lokasi operasinya berada dalam satu wilayah kliring. Sedangkan pelaksana clearing ini adalah Bank Indonesia. Bagaimana jika suatu tempat tidak terdapat Kantor Bank Indonesia ? Maka pihak Bank Indonesia akan menunjuk salah satu Bank yang memenuhi syarat-syarat sebagai penyelenggara kliring di wilayah tersebut. Syarat-syarat yang dimaksud ialah kemampuan dalam administrasi, tenaga pimpinan dan pelaksana, ruangan kantor, peralatan komunikasi dan lain-lain.

Adapun bank-bank yang dapat mengikuti clearing ini adalah Bank-bank Umum dan Bank-bank Pembangunan yang berada dalam satu wilayah kliring tertentu, yang diselenggarakan setiap hari kerja sepanjang kantor penyelenggara dibuka untuk umum. Pertemuan kliring diadakan dua kali sehari dan jadwalnya ditetapkan oleh penyelenggara.

Tujuan Diselenggarakannya Kliring Antarbank


Kliring yang dilaksanakan atau dikoordinir oleh Bank Indonesia ini bertujuan untuk memperluas dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral. Hal ini termasuk tugas dari Bank Indonesia dalam pembinaan perbankan di Indonesia guna memperluas, memperlancar serta mengatur lalu lintas pembayaran giral antarbank yaitu kegiatan bayar-membayar dengan warkat bank yang diperhitungkan atas beban dan untuk kepentingan rekening nasabah bank yang telah ditetapkan. Warkat Bank merupakan alat lalu lintas pembayaran yang diperhitungkan dalam kliring. Warkat ini terdiri dari cek bilyet giro, surat bukti penerimaan transfer dari luar kota, wesel bank untuk transfer kredit, dan nota debet, semuanya dinyatakan dalam mata uang rupiah dan bernilai nominal penuh (100% fac value).

Demikian pembahasan kita cukupkan dulu sampai di sini. Semoga para pembaca sekalian dapat dengan mudah memahami tentang kliring antarbank yang kita bahas baru saja. Terima kasih atas kunjungan dan kesempatannya membaca artikel ini sampai tuntas. Salam.

Ciri-Ciri Negara Maju

Berikut ini akan kita utarakan ciri-ciri suatu negara dianggap sebagai negara maju. Sebagaimana yang pernah kita singgung sebelumnya pada pembahasan negara maju beberapa waktu yang lalu, arti negara maju adalah negara-negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

Ciri-Ciri Negara Maju

Kemarin juga kita sudah membahas tentang indikator apa saja yang membedakan antara negara berkembang dan negara maju dalam artikel kita "Indikator Negara Berkembang dan Negara Maju". Perlu kita cermati di sini bahwa indikator-indikator tersebut merupakan bagian dari karakteristik negara berkembang dan negara maju. (Silahkan baca juga ciri-ciri negara berkembang)

Ciri-ciri negara maju yang akan kita sebutkan di sini, kita tinjau berdasarkan dua segi yakni : segi pendapatan ekonomi dan segi dari kualitas penduduknya. Untuk lebih jelasnya mari simak uraian berikut ini.

1. Segi Ekonomi (Pendapatan per kapita)

Pertumbuhan ekonomi pada negara maju sangat pesat. Tingginya pertumbuhan ekonomi ini dapat dilihat dari pertumbuhan industri yang sangat maju. Hal ini juga berdampak pada jenis pekerjaan penduduknya. Sebagian besar penduduk negara maju bekerja pada sektor industri dan jasa. Pendapatan perkapita penduduknya tinggi di atas 10.000 dollar US per tahun. Lihat gambar di atas!

2. Segi Kualitas Penduduk

Kualitas penduduk  dapat diukur dari : 
  • Tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan masyarakat di negara maju pada umumnya tinggi. Begitu pula dalam hal penguasaan ilmu dan teknologi. Karena sumber daya manusia yang berkualitas ini, negara maju mampu mengelola sumberdaya alam secara optimal.
  • Tingkat produktivitas. Produktivitas per tenaga kerja didapat dengan cara menentukan jumlah seluruh produksi satu tahun dibagi dengan seluruh jumlah angkatan kerja. Masyarakat di negara maju kebanyakan bekerja disektor industri dan jasa sehingga mereka memiliki tingkat produktivitas yang sangat tinggi.
  • Tingkat pertumbuhan penduduk. Di negara-negara maju tingkat pertumbuhan penduduknya sangat rendah yaitu di bawah  1% setahun. Hal ini disebabkan pemerintah sudah mampu mengontrol dengan baik angka kelahiran dan angka kematian dan sebagian besar pasangan berstatus nikah sudah menggunakan alat kontrasepsi.
  • Tingkat pengangguran semu. Berbeda dengan negara berkembang, di negara maju tidak terjadi pengangguran semu (pengangguran tidak kentara). Hal ini disebabkan karena lapangan pekerjaan cukup tersedia, di bidang industri, penggunaan tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya sehingga lebih profesional dan efisien.
  • Produk utama. Produk utamanya adalah barang-barang sekunder (manufaktur) dan tersier (jasa). Ekspor utamanya terdiri dari barang-barang buatan pabrik, seperti mesin-mesin, elektronik, bahan-bahan kimia, serta jasa.
Demikian saja pembahasan kita tentang "Ciri-Ciri Negara Maju" semoga ada manfaatnya dan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lewatkan untuk berkunjung terus di blog ini. Salam.
 


Indikator Negara Berkembang dan Negara Maju

Indikator Negara Berkembang dan Negara Maju

Yang membedakan negara berkembang dan negara maju adalah Indek Pembangunan Manusianya. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ini merupakan indikator utama yang digunakan dalam mengelompokkan negara sebagai negara maju atau negara berkembang. IPM terkait erat dengan kualitas penduduk. Semakin tinggi kualitas penduduk suatu negara maka semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan penduduk negara tersebut.

Indeks Pembangunan manusia meliputi tiga hal, yaitu :
  1. Tingkat Kesehatan
  2. Tingkat Pendidikan
  3. Tingkat Pendapatan
Tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan inilah yang kemudian menjadi tolok ukur kesejahteraan penduduk. Selanjutnya berdasarkan tingkat kesejahteraan penduduknya negara-negara di dunia dapat dibedakan menjadi dua kelompok yakni kelompok negara berkembang dan negara maju.

Ketiga indikator dalam IPM tersebut harus mampu saling bersinergi. Artinya, ketika tingkat pendapatan meningkat, peningkatan pendapatan itu harus dipergunakan untuk meningkatkan kualitas diri, berupa peningkatan kesehatan, pendidikan, keterampilan, pemanfaatan media informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Harm J de Blij mengelompokkan negara berkembang dan negara maju, berdasarkan indikator sebagai berikut: 
  1. Berdasarkan pendapatan nasional perkapita (seluruh pendapatan negara pertahun dibagi dengan total seluruh penduduk). Jika pendapatan nasionalnya lebih dari 10. 000 US Dollar maka dikategorikan sebagai negara maju. Bila hasil bagi kurang dari 8.000 US Dollar maka dikelompokkan ke dalam negara berkembang.
  2. Berdasarkan struktur mata pencaharian penduduk. Negara berkembang mata pencaharian utamanya adalah produksi kebutuhan makanan pokok. Negara maju mata pencaharian utamanya industri dan jasa.
  3. Produktivitas tenaga kerja (Seluruh produksi satu tahun dibagi dengan seluruh angkatan kerja).
  4. Penggunaan energi yang dibutuhkan per orang. Jika energi yang digunakan semakin tinggi maka negara tersebut digolongkan negara maju.
  5. Berdasarkan fasilitas transportasi dan komunikasi per orang. Hal ini ditentukan dengan panjang rel kerata api, jalan raya, frekuensi perhubungan udara, telepon, jumlah televisi. Makin tinggi indeksnya makin maju negara tersebut.
  6. Berdasarkan penggunaan logam yang diolah. Semakin banyak logam yang diolah semakin maju negara tersebut.
  7. Berdasarkan tingkat melek huruf penduduk (tingkat pendidikan), tingkat penggunaan kalori per orang, tingkat pendapatan keluarga dan jumlah tabungan per kapita.
Jadi, Indikator negara berkembang dan negara maju berdasrkan pada indeks pembangunan manusia, tingkat kesejahteraan penduduk, dan terakhir tingkat perkembangan ekonominya. Yang terakhir ini diutarakan oleh Harm J de Blij ketika mengelompokkan negara berkembang dan negara maju.

Negara Maju

Negara maju. Pada masa ini banyak negara yang menjelma menjadi negara maju. Dulu kurang lebih sepuluh tahun yang lalu kita hanya mengenal tujuh negara saja yang menjadi negara maju (enveloved countries). Ketujuh negara itu kemudian tergabung ke dalam G7 (Group Seven). Pada waktu itu satu-satunya negara maju di benua Asia adalah Negara Jepang, dua dari kawasan Amerika Utara yaitu Kanada dan Amerika Serikat, selebihnya dari benua Eropa yakni Perancis, Inggris, Jerman dan Spanyol. Bandingkan dengan sekarang, negara yang dikategorikan sebagai negara maju sudah menyebar keseluruh belahan bumi. Masing-masing benua sudah ada negara yang mewakilinya masuk ke dalam kelompok negara maju. Lalu Indonesia kapan sebagai negara maju ? Setelah negara ini tidak lagi dikorup oleh para pemimpin dan para wakil rakyat yang tidak bertanggungjawab! 

Negara Maju
Salah satu teknologi canggih yang dimiliki negara maju

Pengertian negara maju. Jika kita menilai secara fisik negara maju itu sepertinya memiliki segala yang sangat didambakan oleh negara-negara berkembang. Kita lihat daya beli penduduknya atas barang dan jasa sangat tinggi, secara umum penduduknya hidup penuh kemakmuran dan kesejahteraan dengan penghasilan yang tinggi. Teknologi yang dimiliki juga tinggi, penduduknya rata-rata berpendidikan tinggi setidaknya tidak terdapat penduduk yang buta huruf (semuanya melek huruf), melek teknologi, dan lain sebagainya. Jadi pengertian negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Dengan kata lain negara maju adalah negara-negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Tingkat penghasilan masing-masing penduduknya di atas 10.000 dollar pertahun. Bandingkan dengan negara berkembang, lebih-lebih negara yang belum berkembang (negara terbelakang) yang penduduknya masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan, terlantar dan terbelakang dengan tingkat buta huruf yang tinggi dibandingkan penduduk yang melek huruf, apalagi melek teknologi. (Baca : Negara Berkembang dan Negara Maju)

Demikian deskripsi singkat tentang negara maju yang dapat kami sajikan pada postingan kali ini. Pada postingan-postingan berikutnya insya Allah kami akan tetap memposting tentang negara maju ini sampai kami rasa cukup sebagai bahan refrensi bagi para pelajar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007

Apakah itu Fitur Mail Merge? Mail Merge merupakan fitur Microsoft Word 2007 yang berada pada tab Mailings. Mail merge digunakan untuk mempermudah pembuatan surat undangan kesekian banyak orang, dengan catatan isi suratnya sama dan ditujukan untuk banyak orang yang berbeda. 

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fitur ini adalah kita pertama kali harus membuat dokumen awal (dokumen master) yang terpisah disimpan dengan nama file tersendiri. Dua dokumen file yang kita maksud tersebut yaitu 1) Isi Surat, dan 2) Alamat, yang berisikan Nama; Alamat, Emai dan lainnya sesuai kebutuhan. Demikianlah keterangan singkat tentang fitu Mail Merge ini. Sekarang mari kita langsung saja masuk ke latihan. 

Langkah-langkah Penggunaan Fitur Mail Merge
 
1. Buat dokumen surat undangan yang akan dikirim kepada setiap penerima yang dituju. Setelah selesai simpan dengan nama Isi surat. 

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 1

2. Membuat tabel nama-nama penerima surat dengan lembar kerja Ms. Word yang baru. Caranya sebagai berikut : 

>> Buka lembar kerja ms. Word yang baru untuk membuat tabel. Atau kalau Anda masih berada di lembar ms. Word, Anda bisa mengklik office button > New > Create

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 2

>> Tulis daftar nama dan alamat yang akan dikirimi surat. Ingat jangan beri judul tabel yang dibuat . lihat gambar di bawah in.

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 3

3. Sekarang saatnya menggabungkan kedua dokumen yang Anda buat tadi. Caranya sebagai berikut :
>> Buka file dokumen yang sudah dibuat tadi. Klik Office Button > Sorot nama dokumennya lalu klik untuk membuka. 
Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 4

4. Jika file dokument master telah terbuka, klik Ribbon Bar Maillings > Lalu klik menu bar Select Recipients > Lalu pilih use existing list.

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 5

5. Maka setelah itu kemudian muncul File Data Source seperti gaambar di bawah ini. Cari dokumen kontak yang tadi Anda buat Lalu klik Open.

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 6

6. Selanjutnya letakkan kursor (“|” tanda berkedip-kedip) setelah kata Yth : Bpk/Ibu/Sdr
Pada ribbon bar mailings klik menu bar Insert Merge Field

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 7
 
7. Selanjutnya akan tampil Field yang sesuai dengan tabel yang berada di file Data penerima
undangan dalam hal ini adalah : Nama dan Alamat. Klik field Nama. Kemudian taruh lagi kursor di depan atau setelah di- lalu klik field alamat. Perhatikan gambar yang di atasnya!

8. Pada ribbon bar Mailings, klik menu bar Finish & Merge lalu klik Edit Individual Document; 

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 8

9. Beri tanda pada bagian All kepada menu (Merge Record) yang tampil lalu klik OK. Jangan Lupa simpan pekerjaan Anda! 

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 9

10. Selesai. Untuk melihat hasilnya Anda bisa buka dengan mengklik View di ribbon bar. Lalu klik two pages. Jangan lupa memperkecil tool zoom supaya semua surat tampil. Setelah itu kapan pun Anda bisa memprintnya dengan sekali print.

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di MS. Word 2007 10

Demikianlah tips dan trik "Cara Menggunakan Fitur Mail Merge Di Ms. Word 2007" semoga bermanfaat! (Baca juga : "Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word")

Cara Memasang Widget Alexa Di Blogspot

Langsung saja, berikut ini cara memasang widget alexa di blogspot. Silahkan di simak setiap langkahnya.

1. Kunjungi Alexa
2. Maka setelah anda masuk di alexa, akan tampil bentuk widget alexa. Lalu copy kode widget alexa yang anda inginkan. Lihat kotak merah pada gambar! 

Cara Memasang Widget Alexa Di Blogspot 1

Katakanlah kode seperti di bawah ini.

ahref="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com"><scripttype="text/javascript" 
src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=yoursite.com"></script></a> 

catatan yoursite com. Ganti dengan url/alamat blog Anda. 

3. Masuk ke Dashboar blog yang ingin anda pasangkan widget alexa tersebut. Pilih Tata Letak/Lay Out dan klik tambahkan gadget. Lalu pilih tambah HTML/Java Script dengan mengklik tanda +.

Cara Memasang Widget Alexa Di Blogspot 2

4. Lalu pastekan kode tersebut di kolom HTML/Java Script yang tersedia, kumudian Save/simpan. Maka widget alexa tadi sudah terpasang di blog sobat. 

Cara Memasang Widget Alexa Di Blogspot 3

 5. Terakhir atur posisi widget anda ke posisi yang anda inginkan dengan cara mendrag/menggeser mouse.
 (Mungkin anda juga ingin membaca Cara Memasang Alexa Toolbar di Firefox)

Demikian artikel cara memasang widget alexa di blogspot semoga bermanfaat.

Cara Memasang Alexa Toolbar Di Firefox

Berikut ini kita akan belajar tips dan trik cara memasang toolbar alexa di browser firefox. Toolbar alexa ini cukup penting bagi kemajuan blog kita. Pasalnya ranking alexa blog kita akan turun jika kita memasang alexa ini. Bukankah seperti yang kita bahas beberapa waktu lalu tentang cara mendaftar blog ke alexa, apabila blog kita dikunjungi dari browser yang ada toolbar alexa-nya ini, alexa akan menghitungnya sehingga lama kelamaan peringkat alexa blog kita mengecil. Nah kalau Anda sudah memasang toolbar ini, maka ketika Anda membuka blog Anda sendiri berarti Anda sudah dihitung visitor oleh tante alexa. Ok tanpa berpanjang kalam, mari kita perhatikan langkah-lagkah memasangnya.

Pertama. Masuk ke situs alexa.com
Kedua. Klik Install Alexa Toolbar
Ketiga. Klik Accept and Install. Setelah itu klik Allow.

Cara Memasang Alexa Toolbar Di Firefox 1

Keempat. Tunggu sampai Add-On download selesai. Kemudian selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Tekan saja Install Now. Kalau sudah selesai proses install, maka akan keluar pemberitahuan bahwa Anda sudah berhasil mengistall alexa toolbar. kemudian restart browser firefox Anda.

Cara Memasang Alexa Toolbar Di Firefox 2

Kelima. Setelah Anda merestart firefox, maka kemudian di komputer Anda akan muncul toolbar alexa, seperti gambar di bawah ini.

Cara Memasang Alexa Toolbar Di Firefox 3

Terima kasih. Demikianlah cara memasang toolbar alexa yang saya ketahui. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca pula artikel-artikel lainnya di blog ini.

Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya

Awan mempengaruhi banyak aspek cuaca. Karena itu awan merupakan salah satu pertanda terbaik keadaan cuaca dalam beberapa hari mendatang. Jika langit diselubungi awan mendung yang gelap, anda tahu hujan lebat akan turun. Kepulan awan putih yang lembut terbentuk pada hari yang panas sertaa cerah dan berarti cuaca mungkin tetap panas dan kering. Terdapat tiga jenis dasar awan : kumulus, berarti menimbun; stratus berartii berlapis; dan sirus, berarti berjumbai. Semua jenis dan bentuk awan yang lain adalah gabungan keanekaragaman ketiga jenis dasar ini. Adalah Luke Howard pada tahun 1803 yang pertama kali mengamati, membagi dan memberikan nama jenis-jenis awan dengan menggunakan bahasa latin, sebagaimana yang digunakan dalam klasifikasi hewan dan tumbuhan. 

Awan Sirus : awan sirus terbentuk tinggi di langit – begitu tinggi hingga air yang terkandung di dalamnya membeku menjadi hablur es. Kadang-kadang awan sirus membentuk awan putih seluruhnya. 

Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya 1

Cuaca awan sirus : awan sirus sering merupakan tanda pertama berakhirnya cuaca baik. Matahari dan bulan seperti di lingkari kalang apabila menyinari melalui lapisan awan sirus. Ini menandakan hujan akan turun tidak lama lagi. (SILAHKAN BACA JUGA : Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi)

Awan Kumulus : Awan kumulus berkepul-kepul dengan dasar rata. Awan ini terlihat seperti serpihan yang melayang-layang di langit. Awan ini kadangkala disebut sebagai awan bunga kubis, karen bentuknya yang demikian. Awan kumulus terbentuk akibat gelembung udara panas yang naik yang disebut terma.

Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya 2

Cuaca awan kumulus : Kepulan kecil awan kumulus sering kelihatan pada hari panas. Awan ini lenyap pada waktu malam apabila udara tidak lagi dipanaskan oleh bumi, dan udara panas tidak naik ke langit untuk membentuknya. 

Awan Stratus : Awan stratus terbentuk berlapis-lapis dan boleh menutupi seluruh langit. Di kawasan berbukit, selapis awan stratus sering meliputi bumi dalam bentuk kabut basah. 

Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya 3

Cuaca awan stratus : Awan stratus membentuk jenis awan yang paling murung. Awan ini membawa hujan gerimis atau salju ringan yang terus menerus. 

Mengkalsifikasikan Awan

Terdapat berbagai jenis awan tetapi hanya sepuluh jenis yang telah diklasifikasikan secara resmi. Awan yang terbentuk pada ketinggian berlainan di langit dari ketinggian laut sehingga kira-kira 10.000 m. Awan altitude rendah mempunyai dasar di bawah ketinggian 2000 m, awan altitude pertengahan terbentuk di ketinggian antara 2000-5000 m, sedangkan awan beraltitud tinggi terbentuk di ketinggian di atas 5000 m. 

Berikut ini jenis-jenis awan mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah. 

Awan sirus kadang-kadang disebut ekor kuda, adalah awan yang paling tinggi di langit. Awan ini terbentuk di bagian atas troposfer, di tempat yang paling dingin. 

Sirostratus ialah lapisan awan sirus. Awan ini kelihatan sebagai selendang putih jarang yang tinggi di langit. Awan ini sering menandakan cuaca lembab menjelang tiba.

Awan sirokumulus ialah awan sirus yang bertimbun-timbun. Awan ini mengandung partikel es yang sering membentuk corak seperti sisik ikan dan disebut langit yang berawan sisik. Awan ini membawa cuaca yang berubah-rubah. 

Awan altostratus membentuk lembaran tipis awan berair yang melintasi langit. Awan ini cukup tipis hingga cahaya matahari dapat menyinari lemah melaluinya. Awan ini selalu menandakan hujan akan turun. 

Awan altokumulus ialah campuran es dan air yang teramat dingin. Awan ini terbentuk kepulan pipih berwarna putih dan kelabu, dan kadang-kadang menandakan gemuruh petir yang mengakhiri cuaca panas yang berlarut. 

Mesin jet kapal terbang yang terbang tinggi melepaskan uap air ke udara yang dingin. Uap air ini mengkondensasi dan membeku lalu membentuk ceretan awan tipis yang meleret di langit. Awan ini disebut leretan kondensasi dari kata pengkondensasian. 

Awan kumulus yang lembut terbentuk di tengah lapisan awan. Awan ini biasanya kelabu di bawah tetapi putih berkilau di bagian atasnya. 

Stratokumulus ialah mungkin awan yang paling biasa kita lihat. Awan ini membentuk lapisan rendah kepulan awan bundar berwarna kelabu atau putih. Awan ini dapat membentuk corak yang serupa dan kelihatan seperti bercantuman tetapi selalu berpecah, cahaya matahari dapat menyinar celah-celahnya. 

Awan kumulonimbus kadang-kadang disebut awan andas. Awan ini adalah awan kencang besar berpuncak rata yang memuai dalam kepulan menegak seperti filter dari ketinggian 2000 m hingga ke 15000 m di atas permukaan bumi. 

Awan stratus merupakan awan yang paling rendah, terbentuk pada ketinggian 500 m dari bumi. Adakalanya awan ini lebih rendah daripada itu dan membentuk kabut di bumi. 

Awan nimbostratus dapat menutupi langit dan cahaya matahari seluruhnya, menjadikan hari siang kelihatan gelap. Awan ini senantiasa membawa hujan atau salju (nimbus berarti hujan dalam bahasa latin). 

Demikianlah pembahasan tentang Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya. Artikel ini bersumber dari buku Ensiklopedi Sains Jilid 3, penerbit Aries Lima. Semoga bermanfaat untuk bahan belajar Anda.

Penemu Kertas Ts'ai Lun

Ts’ai Lun adalah seorang penemu kertas yang pertama kali di dunia. Dia hidup pada masa Kaisar Ho Ti, raja dari Dinasti Han pada tahun 105 M. Ts’ai Lun merupakan seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan pada waktu itu. Penemuannya ini dicatat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han. 

Penemu Kertas Ts'ai Lun
Atas penemuan kertasnya itu, kaisar menaikkan pangkatnya dan memberikannya gelar kebangsawanan. Tetapi , belakangan dia terlibat dalam komplotan anti istana yang menyebabkan dia di tendang dari kerajaan. Catatan-catatan resmi Cina menyebutkan, Ts’ai Lun sangat tertekan setelah kejatuhannya itu, dia kemudian mandi bersih-bersih dan menggunakan gaunnya yang paling indah lantas dia menenggak racun yang berakibat kepada kematiannya. 

Setelah ditemukannya kertas oleh Ts’ai Lun ini, penggunaan kertas meluas di seluruh Cina pada abad ke 2. Dalam beberapa abad kemudian Cina sanggup mengekspor kertas ke Asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembikinan kertas ini. Kemudian pada tahun 751 M, setelah beberapa tenaga ahli ditawan oleh orang-orang Arab, bangsa Arab mampu membikin kertas dan dalam waktu singkat kertas sudah di produksi di Baghdad dan Samarkand. Teknik pembikinan kertas menyebarkan ke seluruh dunia Arab dan baru pada abad 12 orang-orang Barat mempelajari teknik ini dari orang-orang Arab. 

ditemukannya kertas ini sangat luar biasa besar manfaatnya bagi seluruh manusia. Lebih ringan, lebih praktis, dan sangat ekonomis. Sebelum kertas ini berhasil ditemukan oleh Ts’ai Lun, tulisan dilakukan dipecahan bambu yang dijadikan buku, di atas kulit kambing, lontar dan kain sutera.

Likuidasi Berangsur Dalam Persekutuan

LIKUIDASI BERANGSUR DALAM PERSEKTUAN 


Likuidasi Berangsur Dalam Persekutuan

Yang dimaksudkan dengan likuidasi berangsur dalam persekutuan ini apabila pelaksanaan likuidasi memerlukan waktu yang agak lama (karena realisasi/penjualan aktiva tidak bisa sekaligus), maka pembayaran kembali penyertaan para anggota dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan jumlah uang kas yang tersedia. Pembayaran kembali hak penyertaan para anggota dilakukan sesudah semua kewajiban-kewajiban persekutuan (hutang-hutang para kreditur bersaing) dibayar lunas. 

Pembayaran kembali hak penyertaan kepada para anggota secara bertahap, dilakukan sebelum laba (rugi) likuidasi yang menjadi tanggungan mereka dapat ditentukan secara pasti. Cara yang dilakukan agar pembayaran berangsur ini dapat dilakukan sesuai dengan hak-hak para anggota, sebagai berikut : 

Pembayaran hanya dilakukan kepada anggota yang mempunyai saldo kredit atas rekening modalnya setelah mempertimbangkan seluruh jumlah kemungkinan rugi yang akan terjadi. Pembayaran demikian itu tidak boleh melampaui saldo kredit atas rekening modal anggota yang bersangkutan.” 

Dengan ketentuan demikian itu berarti ada dua kemungkinan rugi yang maksimun harus ditanggung oleh setiap anggota perlu diperhitungkan dengan saldo masing-masing sebelum pembayaran kepada anggota dilakukan, yaitu : 

1. Kemungkinan rugi sebagai akibat tidak dapat direalisasikannya aktiva (non kas) yang ada.
2. Kemungkinan ada anggota-anggota yang mengalami defisit modalnya, sehingga tidak mampu menyelesaikan kewajiban-kewajibannya kepada persekutuan. 

Prosedur pembagian dan pembayaran kembali penyertaan modal para anggota yang sedemikian itu dimaksudkan agar hak penyertaan masing-masing anggota secepat mungkin sesuai dengan perbandingan pembagian laba (rugi) yang ada. Apabila posisi hak-hak penyertaan para anggota telah mencapai (sesuai dengan) perbandingan laba (rugi) yang ada, maka pembagian dan pembayaran kepada para anggota dapat dilaksanakan sesuai dengan perbandingan pembagian laba (rugi). Dalam keadaan demikian tidak perlu dikhawatirkan lagi akan kemungkinan timbulnya pembayaran kepada anggota dalam jumlah yang berlebihan, karena kerugian realisasi aktiva di kemudian hari tidak akan memperngaruhi posisi modal para anggota. 

Ada dua metode yang dapat dipakai untuk menentukan besarnya setiap kali pembayaran kembali hak penyertaan anggota agar dapat dijamin penerimaan masing-masing anggota itu sesuai dengan hak-hak yang bersangkutan sebagai berikut : 

1. Besarnya pembayaran kembali hak penyertaan ditentukan secara proses priodik atau setiap kali aktiva dapat direalisasikan (dijual).
2. Penyusunan rencana prioritas pembayaran kepada anggota sebelum proses likuidasi berlangsung, sehingga pembayaran dapat segera dilakukan sesuai dengan jumlah uang yang tersedia

(Baiknya Baca kembali Perusahaan Persekutuan)

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda. Baru tahu nih ternyata blog rupanya lebih baik di daftar ke non alexa. Pasalnya blog ini gak ramping-ramping alexanya, jadi penasaran kenapa bisa begini, padahal artikel gak copas malah banyak yang copas, hehe. Update artikel juga rutin, kok gak bisa ramping malah tetap di kisaran jutaan (gede banget). Setelah browsing ke sana ke mari tahu-tahu masalahnya saya gak pernah daftar blog ini ke alexa wah selanjutnya saya langsung ke situs Alexa yang terbaru dan mandaftarkan blog saya. Bagaimana dengan Anda, berminat mendaftarkan blog juga?

Alexa itu apasih?
 
Kata para senior yang bisa saya tangkap alexa itu adalah mesin penghitung pengunjung blog kita yang nantinya akan memberikan peringkat blog. Semakin ramping atau kecil angka yang tercantum maka semakin tinggi peringkat blog. Dasar peringkatannya adalah jumlah pengunjung yang datang ke blog kita melalui toolbar alexa. Jadi toolbar alexa ini penting juga untuk di instal ke mozilla atau browser lainnya. Pasalnya yang pernah saya baca, walaupun jumlah pengunjung Anda melimpah tetap saja tidak akan terhitung oleh alexa kalau tidak melalui toolbar alexa ini, sehingga peringkat alexa blog kita tidak menjadi ramping.

Oke langsung saja kita peraktekkan cara mendaftarkan blog di alexa yang terbaru

1. Masuk ke alexa. Com dengan mengklik link ini >>> alexa.com
2. Masukkan alamat blog Anda pada kolom yang telah tersedia.

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

3. Selanjutnya pilih opsi pendaftaran yang Anda inginkan lewat email atau facebook 
Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

4. Sekarang saatnya masuk ke gmail.com untuk memverifikasi pendaftaran yang telah kita lakukan. 

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

5. Setelah itu Anda diminta membuat pasword untuk alexa. Isikan saja pasword Anda. Setelah itu klik submit password. Setelah itu ada tampilan seperti di bawah ini klik saja continue untuk melanjutkan.

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

6. Pada select a method pilih yang nomor 2.

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

7. Scroll ke bawah menggunakan mouse Anda untuk melihat meta tag yang muncul. Setelah itu salin kode meta tag di bawah <head> pada template blog Anda.

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

8. Setelah Anda simpan meta tag tersebut di template Anda lalu klik verify my ID. Kalau Anda berhasil akan muncul pemberitahuan your site is succesfully claimed. Bisa saja Anda melakukannya sampai di sini karena dengan pemberitahuan tersebut blog Anda sudah terdaftar di alexa. Tapi kalau Anda mau lebih lengkap caranya sebagai berikut : 

Masih di dashboar alexaSelanjutnya clik my dashboard lalu klik site management lalu pilih edit site listing. Lalu yang terakhir masukkan semua data yang diminta pada masing-masing kotak yang tersedia. Setelah data di isi lengkap klik Save Change yang berada dibagian paling bawah (maaf gak tampil digambar). Lihat gambar berikut :

Alexa Terbaru dan Cara Mendaftarkan Blog Anda

Demikian cara mendaftarkan blog di alexa terbaru. Semoga setelah ini blog saya ini dan blog Anda menjadi lebih ramping.(smile) Terima kasih atas kunjungannya. Insya Allah di lain waktu kita akan membahas tentang bagaimana cara memasang widget alexa di blog. (Baca juga : Cara Mendaftar Blog di Google)

Pengertian, Tujuan, dan Dasar Hukum LKBB

Pengertian LKBB. Menurut Keputusan Menteri Keuangan No. Kep.-38/MK/IV/1972 Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah semua lembaga (badan) yang melakukan kegiatan dalam bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga, kemudian menyalurkan kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan-perusahaan.

Pengertian, Tujuan, dan Dasar Hukum LKBB

Sepintas kalau kita memperhatikan pengertian dari LKBB ini kelihatan tidak ada bedanya dengan Bank, yaitu sama-sama menghimpun dan menyalurkan dana. Tetapi sebenarnya ada perbedaan yang mendasar yang membedakan di antara kedua badan tersebut. Yaitu Bank menghimpun dana dan menyalurkannya salah satunya dalam bentuk kredit ke masyarakat. Sementara LKBB menghimpun dan juga menyalurkan dana khusus kepada intern anggota. Itu hanyalah salah satu perbedaan yang dapat kita lihat di antara kedua lembaga tersebut.

Tujuan Pendirian LKBB. Lembaga Keuangan Bukan Bank mulai banyak berdiri sejak tahun 1972 di Indonesia. Tujuan pendirian Lembaga Keuangan Non Bank ini adalah untuk mendorong pengembangan pasar uang dan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan-perusahaan, terutama pengusaha golongan bawah. Dengan adanya tujuan tersebut Lembaga Keuangan Bukan Bank diperkenankan menghimpun dana dari masyarakat dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga untuk kemudian menyalurkannya kepada perusahaan-perusahaan dan melakukan kegiatan sebagai perantara dalam penerbitan surat-surat berharga serta menjamin terjualnya surat-surat berharga tersebut.

Dasar Hukum Pendirian LKBB.

  1. Undang-undang No. 15 Tahun 1952 tentang Bursa (Lembaran Negara N0. 67 Tahun 1952)
  2. Surat Keputusan Menteri Keuangan di atas.  
Silahkan dibaca juga Sejarah Berdirinya Bank

Isi Dari Manifesto Politik 1925

Isi Dari Manifesto Politik 1925
Sebagaimana yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, manifesto politik merupakan pernyataan atau sikap politik dari bangsa Indonesia terhadap kolonialisme Belanda yang ada di Indonesia. Manifesto politik ini disuarakan oleh Perhimpunan Indonesia pada tahun 1925. Adapun pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan detail dari isi manifesto yang dikeluarkan oleh PI tersebut.

Isi atau bunyi dari manifesto politik tersebut sebagai berikut

1. Hanya satu Indonesia yang merasa dirinya satu, sambil mengesampingkan segala perbedaan-perbedaan antara suatu golongan dengan golongan lain, dapat mematahkan kekuasaan penjajah. Tujuan bersama pembebasan Indonesia, meminta dengan keras adanya suatu aksi umum yang insyar, bersandar atas kekuatan sendiri dan bersifat kebangsaan. Turut campurnya segala lapisan rakyat Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan ini, ialah juga suatu syarat terpenting sekali untuk mencapai tujuan itu. 

2. Unsur yang terkemuka dan terpenting dalam tiap-tiap masalah pemerintahan ialah kepentingan yang berlawanan antara si penjajah dan si terjajah. Maksud dari politk si penjajah untuk mempertipis dan menutupi unsur itu harus disambut dari pihak si terjajah dengan mempertajam memperhebat semua hal yang berlawanan itu. 

3. Oleh karena sudah terbukti bahwa pengaruh penjajahan itu bersifat merusak terhadap keadaan badan dan jiwa kehidupan Indonesia, haruslah sementara itu dikerjakan sekeras-kerasnya menormalkan segala keadaan lahir dan batin. 

Dengan dikeluarkan manifesto politik ini, PI manyatakan dirinya bersifat nasional demokratis, nonkooperasi, meninggalkan kerja sama dengan penjajah (antikolonial) dan berpengaruh di forum internasional. Isi dari manifesto politik yang dinyatakan oleh PI ini memang mengandung unsur-unsur mendasar dalam pergerakan nasional, yaitu dasar kebangsaan Indonesia yang satu dan usaha persatuan menuju kemerdekaan serta prinsip menolong diri sendiri. Nilai-nilai inilah yang kemudian mampu memotivasi pergerakan nasional di Indonesia, terbukti dengan berdirinya organisasi-organisasi politik seperti PNI dan Jong Indonesie (Pemuda Indonesia) pada tahun 1927 dan Perhimpunan Pelopor-Pelopor Indonesia pada tahun 1926.

Perhimpunan Indonesia dan Manifesto Politik 1925

Perhimpunan Indonesia dan Manifesto Politik 1925Perhimpunan Indonesia dan Manifesto Politik 1925. Terbukanya pintu pendidikan pada masa kolonial bagi rakyat khususnya para bangsawan pada akhir abad XIX hingga awal abad XX, telah menjadi sebab timbulnya kesadaran nasioanal di kalangan para kaum bangsawan yang menimba ilmu di negeri Belanda. Para pelajar Indonesia yang ada di Belanda saling bersatu padu, Mereka mendirikan organisasi Indische Vereeniging Kemudian berganti-ganti nama sampai kemudian bernama Perhimpunan Indonesia (PI), untuk menjadi wadah bagi mereka untuk bersatu dan bersepakat menuangkan ide bagi memperjuangkan hak-hak kemerdekaan dan persamaan bagi bangsa Indonesia. 

Di negeri Belanda mereka memperoleh kebebasan berbicara, berkumpul, dan berserikat, tanpa adanya kekhawatiran dimata-matai polisi. Kebebasan itu mereka pergunakan sepenuhnya untuk mengenal secara lebih mendalam tentang nasionalisme, sosialisme, dan marxisme. Dari sinilah mereka meneliti bagaimana cara yang tepat menghadapi kolonialisme, serta mencoba merumuskan corak nasionalisme yang sesuai dengan bangsa Indonesia. 

Asas PI. Pergerakan Perhimpunan Indonesia ini berasaskan yaitu : Mengusahakan suatu pemerintahan untuk Indoenesia yang bertanggung-jawab hanya kepada rakyat Indonesia sendiri bukan dengan pertolongan siapa pun juga, bahwa segala jenis perpecahan tenaga haruslah dihindarkan, supaya tujuan itu lekas tercapai (Hindia Poetra, Maret 1923). Dengan asas itulah kemudian pergerakan PI kini mulai menyentuh langsung bidang politik ketatanegaraan. (Baca : Kolonialisme Belanda di Indonesia)

Tokoh-tokoh dibalik meningkatnya aktivitas politik PI pada masa itu adalah Ahmad Subardjo dan Muhammad Hatta yang datang ke Belanda pada tahun 1921. 

Memasuki awal tahun 1925, PI mempertegas lagi gerak perjuangannya dengan mengeluarkan manifesto politik. Ini merupakan bentuk pernyataan terbuka dan sikap politik yang ditempuh bangsa Indonesia melalui orgasisasi Perhimpunan Indonesia. Manifesto politik tersebut intinya menyebutkan bahwa kemerdekaan penuh bagi bangsa Indonesia hanya akan diperoleh dengan aksi bersama yang dilakukan serentak oleh seluruh kaum nasionalis dan berdasarkan atas kekuatan sendiri. 

Manifesto politik yang dikeluarkan oleh Perhimpunan Indonesia pada tahun 1925 inilah kemudian yang semakin mempertebal rasa persatuan di kalangan organisasi pemuda di Indonesia. Semakin mempertebal rasa kesadaran nasional yang pada akhirnya berujung pada diadakannya kongres pemuda pada tahun 1928 dan menghasilkan keputusan yang disebut dengan sumpah pemuda.

Lanjutan : Berhenti Bekerja Secara Mental

Atrikel berikut ini merupakan lanjutan artikel dari Berhenti Bekerja Secara Mental yang di tulis oleh Ursula Nuber. Silahkan dibaca semoga bisa membawa perubahan yang sangat memuaskan dalam pekerjaan Anda.
Lanjutan : Berhenti Bekerja Secara Mental
Banyak politikus, ahli ilmu sosial dan usahawan melihat penyebab makin merosotnya etika kerja dalam peninjauan kembali nilai-nilai secara umum.
“Bukannya diilhami oleh tanggung jawab kerja, pengendalian diri dan pengabdian,” kata Elisabeth Noelle Neumann dari demoscopic Institute di Allensbach, Jerman Barat, “banyak orang pada zaman sekarang berusaha keras mencapai pemenuhan keinginan pribadi. Ini berarti kegiatan rekreasional dan pemanjaan diri sendiri yang jauh dari kebosanan kerja. Akibatnya adalah sikap emosional yang makin tidak menyukai kehidupan kerja sehari-hari.”
Ahli sosiologi Amerika John Naisbitt juga mengamati ideal baru ini. “Karyawan masa kini telah tumbuh dalam masyarakat makmur dan mempunyai pendidikan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya,” katanya. “Kedua fenomena ini telah mengubah harapan hidup mereka. Etika ‘kerja harus menyenangkan’ telah menggantikan etika puritan, yang berpendapat bahwa kerja itu berharga dan pasti mengandung kebosanan.”
Kalau seorang pekerja mengundurkan diri, mungkin itu karena dia merasakan adanya kesenjangan antara khayalannya dan dunia yang nyata. Dengan suatu cara dia mengharapkan lebih banyak dari pekerjaannya daripada sekedar bisa hidup semata-mata. Namun hari demi hari dia berhadapan dengan realitas yang tidak memenuhi harapannya.
Sementara itu, bahkan usahawan yang konservatif menyadari bahwa kurangnya semangat kerja bukan hanya karena kesalahan karyawan semata-mata. Para usahawan yang maju kini sependapat dengan ahli-ahli ilmu sosial yang menyatakan bahwa bukan hanya orang dan norma-normanya saja yang telah berubah, tetapi juga sifat pekerjaan.
:Struktur organisasi kebanyakan perusahaan sudah sangat kuno,” kata Raidt, “dan sampai sejauh masyarakat industri telah gagal dalam menghasilkan gaya kepemimpinan yang baru.”
Menurut pandangan Raidt seorang suvervisor mendorong bawahannya untuk membenci pekerjaannya dalam hati ketika dia memarahi si bawahan, tidak mau menjelaskan keputusan atau menyalahkan karyawan kalau ada kegagalan sementara mengambil penghargaan untuk dirinya sendiri. Bos yang terlalu sedikit memberikan informasi dan terlalu banyak mengontrol juga menyebabkan bawahan tidak menyukainya.
Apa yang terjadi dalam eselon yang lebih rendah kerap kali mencerminkan pada tingkat puncak. Kurangnya semangat merembes melalui tingkat-tingkat kepangkatan dan menyebabkan timbulnya salah penilaian ketika staf tidak lagi diberi tahu secara memadai, kebijaksanaan perusahaan mengalami perubahan terus menerus, dan sasaran perusahaan tidak jelas bagi para pekerjanya. Kepemimpinan yang buruk bukan hanya mengakibatkan kerugian keuangan yang besar.
“Begitu pandangan yang tidak baik mulai berakar,” kata Raidt, “seluruh dya kerja mengambil sikap masa bodoh.”
Mengapa banyak perusahaan gagal mengembangkan kebijaksanaan kepemimpinan yang kuat? Salah satu alasannya adalah karena mereka terikat pada struktur organisasi abad industri, tidak mengikuti masa peralihan menuju masyarakat yang lebih berorientasi pada informasi.
“Kita tidak akan melihat tumbuhnya keuntungan,” Naisbitt memperingatkan, “kalau kita tidak belajar bagaimana cara menumbuhkan manusianya.”
Dengan demikian maka bukan manusianya yang harus berubah, tetapi struktur organisasinya. Sistem hierarki dari abad industri harus mengalah kepada tatanan yang lebih alami. Satuan organisasi yang lebih kecil akan memberikan peluang yang lebih baik untuk komunikasi dan kondisi kerja yang independen. Dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari lima sampai delapan orang, anggotanya juga mendapatkan keuntungan bisa mengembangkan rasa saling menyukai antara yang satu dengan lainnya.
“Anda akan memperhatikan perubahan dalam perilaku rekan sekerja dan bisa langsung bekerja dengannya,” Raidt menjelaskan. :Dengan demikian semakin sedikit bahaya keterasingan, lahan subur untuk sikap menjauhkan diri secara batiniah.”
Keuntungan lainnya dari sistem satuan kecil adalah bahwa hal itu lebih nudah bisa memuaskan keinginan dasar orang untuk memiliki kepemimpinan aktif dan pasif.
“Kadang-kadang, bahkan mereka yang berada di puncak harus mempunyai seseorang untuk didengarkan kata-katanya, kalau tidak mereka dengan cepat terkena gangguan jiwa,” Raidt menekankan.
Kalau diberi kesempatan, kebanyakan karyawan akan memperlihatkan kecakapan kerja dan kreativitas. Bagaimana pun juga, di luar perusahaan mereka harus membuat keputusan yang benar-benar hasil pemikirannya sendiri. Dalam buku larisnya, In Search of Excellence, pengarang Thomas J. Peters dan Robert H. Waterman menyatakannya dengan cara ini : “Apakah itu yang seketika setelah melalui pintu gerbang pabrik membuat seseorang laki-laki menjadi seorang anak? Beberapa saat sebelumnya dia seorang ayah, seorang suami, seorang pemilik rumah, seorang pemilih, seorang dewasa. Ketika dia bicara, sekurang-kurangnya beberapa orang akan mendengarkan. Penjual tunduk kepada kemauannya. Orang asuransi menghargai tanggung jawab keluarganya, gereja meminta bantuannya ....”
Kalau kemampuan kebanyakan pria dan wanita yang hanya bisa diterapkan di luar tempat kerjanya saja lebih banyak digunakan secara umum, maka masalah sikap menjauhkan diri secara batiniah tidak lama lagi mungkin akan lenyap.
“Sudah tiba waktunya,” kata Raidt, “untuk membalikkan kata-kata yang dinyatakan oleh Lenin dan mengatakan, ‘Kontrol mungkin baik, tetapi kepercayaan lebih baik lagi.
 Selesai. Terima kasih.

SILAHKAN DIBACA JUGA : BANGUNKAN HIDUP ANDA, ANTUSIASME.

Berhenti Bekerja Secara Mental

Berhenti Bekerja Secara Mental 
oleh Ursula Nuber
KARYAWAN YANG TIDAK MENYUKAI PEKERJAANNYA MERUSAK PERUSAHAANNYA – DAN DIRINYA SENDIRI. 

Berhenti Bekerja Secara Mental

Selama bertahun-tahun, seorang kepala departemen di sebuah perusahaan Jerman Barat yang makmur bekerja keras untuk menaiki tangga karier, selangkah demi selangkah. Dia sering menmbawa pekerjaannya ke rumah dan bahkan mengorbankan akhir pekan dan liburan demi perusahaan. 

Kemudian, entah bagaimana, dia mulai berubah. Ketika bangun tidur pada suatu pagi, dia merasa bosan kepada tugas yang dihadapinya. Dia tidak lagi punya rasa tertarik untuk membicarakan masalah bisnis. Kalau dulu dia merupakan salah satu anggota sraf yang agak kritis, kini dia berubah menjadi seorang yesman yang khas. Biar saja orang lain bekerja mati-matian! Bahkan promosi sudah kehilangan daya tarik baginya. Dan belum lama ini dia bahkan cuti sakit satu atau dua hari. 

Di seluruh dunia, banyak sekali karyawan yang memperlihatkan pola perilaku yang serupa itu. Mereka melakukan pekerjaan dengan giat, tetapi tidak mengidentifikasi dirinya dengan pekerjaan itu. “Seorang karyawan yang tidak lagi merasa terikat secara pribadi dengan perusahaannya sama saja dengan berhenti bekerja secara mental,” kata profesor Fritz Raidt, seorang ahli sosiologi yang terkenal dari Eropa. 

Kira-kira tujuh tahun yang lalu, Profesor Reinhard Horn, kepala academy for Business Excecutives di Bad Hornburg, Jerman Barat, pertama kali memperhatikan moral kerja yang baru. Pada waktu itu, kepala departemen yang sudah disebutkan tadi mengatakan kepadanya tentang merosotnya perhatian terhadap pekerjaannya. “Saya mengurus semua hal rutin,” orang itu menambahkan. “Saya datang ke kantor tepat pada waktunya, tapi di atas segala-galanya saya juga pulang ke rumah tepat pada waktunya.” 

Setelah meninjau lebih lanjut persoalan itu, Hohn dan Raidt mendapatkan bahwa ini sama sekali bukan kasus yang tersendiri. 

Dalam suatu penelitian pada tahun 1986, Lembaga Penelitian Sosial dan Ekonomi di Bonn sampai pada kesimpulan yang sama. Kira-kira 2000 karyawan diminta untuk memberikan komentar tentang pernyataan berikut ini : “Saya melakukan apa yang diharapkan dari diri saya. Saya tidak melihat alasan untuk berbuat lebih banyak. Pekerjaan saya tidak terlalu penting.” 

Lima puluh empat persen karyawan mengatakan hal itu dengan tepat menyatakan sikap mereka sendiri; di antara karyawan setengah ahli dan tidak ahli angka itu sampai sebesar 73 persen. 

Sampai belum lama ini, perusahaan hanya berkepentingan dengan jumlah karyawan yang benar-benar meninggalkan pekerjaannya. Stabilitas daya kerja dianggap sebagai petunjuk yang kuat untuk suasana kerja yang baik dan kepemimpinan yang baik. Sering sekali baik pihak menejemen maupun pihak karyawan tidak menyadari bahaya yang terkandung dalam daya kerja yang masa bodoh dan tanpa motivasi. Akibatnya, tak terelakkan lagi tidak adanya perhatian terhadap pekerjaan pada pihak anggota staf akan mencekik kreativitas dan semangat inovatif perusahaan. 

Para pekerja yang tidak lagi menyukai pekerjaannya bukan hanya merusak perusahaan, tetapi juga dirinya sendiri. Walaupun banyak yang mengaku, “keluarga dan hobiku memberiku lebih banyak kepuasan daripada pekerjaanku,” mereka sering tidak semanis dan sebahagia yang mereka perlihatkan dalam kepura-puraan. Makin banyak yang menderita tekanan jiwa dan gangguan kejiwaan lainnya yang juga mempengaruhi kehidupan rumah tangga mereka. Namun mereka tidak menghubungkan keluhan mereka dengan pekerjaannya. 

Walaupun demikian, berbagai penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa ketidakpuasan kerja mungkin menimbulkan sakit fisik dan mental. Menurut salah satu laporan yang diterbitkan oleh Kantor Tenaga Kerja Internasional di Jenewa, banyak kecelakaan yang berhubungan dengan pekerjaan bisa dilacak sampai ke kondisi kerja yang tidak memuaskan. Lebih-lebih, pengawasan yang terlalu ketat, tekanan produksi dan ketidakpercayaan punya pengaruh yang merugikan terhadap kesehatan para pekerja. Sebuah study di Amerika bahkan membuktikan bahwa karyawan yang hanya diberi sedikit atau tidak diberi tanggung jawab kerja terutama mudah terkena tekanan jiwa, masalah tidur, gangguan jantung, dan sakit pencernaan makanan. Mereka terdapat di antara mereka yang tidak puas dengan pekerjaannya.

Stop dulu masih ada kelanjutannya nih .....
Back To Top